Sharing is Caring


Rasanya judul tersebut sudah tak asing lagi bagi kita. Berbagi sebagai wujud kepedulian. Ceritanya bermula dengan ketidaksengajaan yang tentu saja Allah sudah merancangnya. Saya bekerja sebagai sutradara audio untuk mengisi acara di radio negeri terkemuka di Indonesia. Ketika saat produksi rekaman (tapping) saya didampingi oleh seorang operator. Kami sudah lama kenal, sering ngobrol dan becanda. Tapi dianggap akrab juga berlebihan, ya biasa saja. Bukan itu yang terpenting.
Sambil mendampingi rekaman, kita mengobrol sampai akhirnya dia bercerita bahwa dia sering mengajar anak-anak di masjid, tujuannya supaya anak-anak merasa nyaman, mengisi waktu sembari menunggu sholat berikutnya, dll. Dia memperlihatkan video-video tentang proses kegiatan belajar-mengajar. Kita sharing banyak hal, kebetulan saya pengajar, saya lebih sharing mengenai metode dan teknik mengajar sesuai kepahaman ilmu keguruan saya. Sementara dia sharing mengenai inovasi-inovasi yang patut dicoba.
Kami saling mengkritisi kelemahan-kelemahan metode yang dipilih dengan mengkondisikan usia yang beragam. Ada beberapa hal yang dia tidak kepikiran, saya kepikiran untuk memperbaiki. Begitu juga sebaliknya, saya mendapatkan tambahan pengetahuan tentang tips dan trik yang baru.
Dengan kita mengajarkan agama, kita secara tidak langsung belajar agama. Dan itu salah satu gagar kita senantiasa belajar. Ada banyak cara membuat suasana belajar mengajar menyenangkan.
Beberapa hal, barangkali bisa dicontoh yang saya ciptakan sendiri dan efektif bisa diterapkan di mushola:
1)      Dengan gambar
Gambar ada beberapa, kita menjelaskan satu demi satu gambar. Ini cocok untuk kelas 2 ke atas.
Materi yang cocok : Sirah Nabawiyah khususnya cerita nabi-nabi , Fiqih, Ahlaq, dan seterusnya. Kalau aku memang lebih banyak mengajarkan cerita nabi.
2)      Mewarnai
Ini kolaborasi antara mewarnai dan mendongeng. Cocok untuk kelas TK dan SD. Materi : huruf hijaiyah, cerita nabi
3)      Kertas warna-warni
Kertas dibuat warna-warni untuk menjelaskan tema tertentu, misal sifat-sifat nabi, nabi dengan ulul azmi, dll
4)      Tempel-tempel di kertas HVS
Ini cocok untuk kelas 4 -6. Materi bisa sangat beragam.
5)      Menggulung, memasukkan sedotan dan menanan
Cocok untuk menjelaskan mengenai motivasi atau cita-cita anak. Cocok untuk anak usia kelas 6 ke atas
6)      Bergerak membentuk kelompok
Peserta TPA dibagi menjadi beberapa kelompok dengan nama salah satu nabi. Tiap kelompok terdiri dari 2-3 orang, ada 1 orang bertindak sebagai muhajirin (orang yang bergerak/berhijrah) kemudian jika ia singgah di kelompok lain harus menyebutkan mukjizat nabi yang disinggahi. Cocok untuk anak yang sudha mengerti sejarah nabi
7)      Quiz (yang ini inspirasi dari temanku)
Memberikan Quiz dan jika yang berhasil menjawab diberi kue/jajan.
8)      Mendongeng dengan boneka
9)      Praktik
Materi yang cocok : praktik sholat, praktik thaharah, dll
10)  Tic tac toe/ Zip Zap Zoe
Menjelaskan ke peserta TPA dan ada yang ngobrol sendiri, tips ini cocok. Dia diam tanpa menegurnya. Caranya dengan permainan ini.
11)  Menyanyi
Yang biasa saya lakukan:
a)      Tepuk anak sholeh
                  Tepuk 3X Aku
                     Tepuk 3X Anak Soleh
                     Tepuk 3X rajin sholat
                     Tepuk 3X Rajin ngaji
                     Tepuk 3X Orang tua
                     Tepuk 3X Dihormati
                     Tepuk 3X Cinta Islam
                     Tepuk 3X sampai mati
                     Laillahailallah Muhammaddarusulullah
                    Islam islam Yess
                    Untuk nada banyak di youtube
b)      Nama-nama Malaikat
Sepuluh malaikat Allah
Yang harus kita ketahui
Jibril Mikail Izroil Isrofil
Munkar Nakir Roqib Atit
Malik Ridwan (2x)
Aku cari di youtube tidak ada, jadi kalau mau tahu lagunya, silakan berguru pada saya..hehehhe
c)      Rukun Islam
Rukun Islam yang lima
Syahadat Sholat Puasa
Zakat untuk si papa
Haji bagi yang kuasa
Siapa belum sholat dor
Siapa belum zakat
Kan rugi di akhirat
Allah akan melaknat
Lagu dengan balonku, liriknya diubah

Dan ada beberapa lagu lain
ada : (Lagu Rasa Sayange)
Mari mengaji mari pergi mengaji
Ke masjid dan mushola serta dimana saja
Ref. Ayo kawan pergi mengaji jangan lupa bawa Al qur’an
        Untuk bekal di hari nanti hari akhir menghadap tuhan
Mari mengaji mari pergi mengaji
Ke masjid dan mushola serta dimana saja
Ref. Dengarlah bunyi makhrojnya agar tepat mengucapkannya
        perhatikan bunyi tajwidnya agar tepat panjang pendeknya
Mari mengaji mari pergi mengaji
Ke masjid dan mushola serta dimana saja
Ref. Kalo sudah pandai mengaji amalkanlah arti maknanya
       agar kelak di akherat nanti kita dapat hidup di surga
      Nada : (Topi Saya Bundar)
      Alloh Tuhan Saya
      Alloh Tuhan Kita
     Kalo Bukan Alloh
      Bukan Tuhan Kita
     Tuhan saya Esa, Esa Tuhan Kita
     Kalo tidak Esa, bukan Tuhan kita
Nada : (Gelang Sipatu Gelang)
Sholat marilah sholat
Mari sholat bersama – sama
Siapa saja yang tidak sholat
Yang tidak sholat mendapat siksa
Nada : (Lagu Desaku)
Rosulku yang kucinta
Pujaan hatiku
Teladan yang Utama
Tuk kehidupanku
     Janganlah kau abaikan
     Taatilah slalu
     Apa yang dilakukan
     Jadi pedomanmu
Karena bentuknya lagu cocok diberikan pada anak-anak.

Akhirnya, tara….Alhamdulillah selesai juga rekaman 4 program, begitulah saya, tugas selesai, dapat ilmu baru dan Insya Allah bermanfaat.
Semoga Allah meringankan langkah kami untuk istiqomah memakmurkan musholla, memberkahi sisa umur kami.
Dan, baiknya anak kita adalah hak Allah. Tugas kita adalah menanamnya dengan baik. Semoga kelak Allah mengizinkan agar hasilnya baik juga. (terinspirasi QS Ibrahim 24-25).
Jika Allah belum mengizinkan menitipkan buah hati seperti kasus teman saya, jangan menyerah, Allah Maha Adil, kita bisa masuk pintu surga dari arah mana yang kita kehendaki, barangkali dari arah kita mengajar dan membagikan ilmu yang bermanfaat akan menjadi ladang amal kita.
Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Rekaman pertama di tahun 2016, Pondok Cabe, 26 Januari 2016


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio