Meti, Selamat Datang di Rumah Ritza


 
Foto Saat Plat Belum Ada
Alhamdulillah, Allah memberikan titipan berupa Meti kepada keluarga kecil kami. Meti adalah nama mobil kami. Mobil sebagai moda transportasi merupakan kebutuhan, terutama untuk yang sudah berkeluarga, tidak kepanasan dan kehujanan.
Sewaktu masih single saya lebih banyak menggunakan kendaraaan umum dan setelah dapat persetujuan, menggunakan motor kadang-kadang. Setelah menikah dan punya rumah, kami lebih sering boncengan kemana-mana. Ketika diberi titipan momongan, kami lebih sering menggunakan taksi kemana-mana. Meski boros, tapi itulah yang bisa kami lakukan, ketimbang berspekulasi ade rentan dengan polusi Jakarta yang kejam.
Meti, seperti kendaraan sebelumnya punya semangat sejarah yang tatkala membahana. Kita ulang sejarah, hidupku memang naik setahap demi setahap, seperti kata hadis, keimanan dan hal yang ada baiknya tidak instan tetapi setahap demi setahap. Dulu aku jalan kaki ke kampus, kemudian akhirnya beli sepeda dengan nama Poti, mengayuh dari tugu ke bulaksumur, gempor juga hahaha.
Kemudian, diizinkan membawa motor zaman SMA, namanya Moti, bahkan akhirnya kuboyong ke Tangerang dan Depok.
Ini pengalaman pertama, membeli mobil tanpa pertimbangan dari siapapun, termasuk suami. Dari awal hunting, negosiari sampai eksekusi murni sendiri. Sepertinya, ini salah satu cara suami biar aku lebih mandiri…hihihi.

Aku mulai dengan pertanyaan berikut
1)      Mobil Baru atau Second?
Seperti kukatakan tadi, karena minim pengetahuan dan ini pengalaman pertama, jadi aku tak mau banyak spekulasi membeli mobil second, risiko kemahalah, risiko mesin tidak sesuai yang diharapkan, dll.
Jadi, aku memilih mobil baru, maka langkah berikutnya saya pergi ke dealer, koleksi brosur (hihihi…ingat zaman beli rumah dulu). Langkah berikutnya bisa ketebak..hahahha yups, sering sholawatan kalau ada mobil lewat, kalau setelah sholat sambil membayangkan tu mobil…cara aneh tapi selama ini selalu berhasil diwujudkan..

2)      Mobil yang seperti apa?
Maksudnya yang kursi 6 atau yang 4?. Buatan Eropa atau Jepang?
Keperluannya untuk travelling, dalam kota atau apa?
Cari detail spesifikasinya atau detail mobil. Tetapkan jenis mobil yang sesuai.
Sesuai dengan dompet Anda.
Dan jatuhlah pilihan itu pada Meti, sebenarnya pengen yang tiga huruf depannya sama dengan namaku, tapi desainnya kurang suka, terlalu pendek, dan terutama karena faktor dana juga..hehehe.. Intinya aku tidak suka memaksakan diri, mau yang semampunya saja sesuai dana yang ada. Ga mau kesana kemari mencari tambahan..hihihi.

3)      Minta simulasi kredit
Untuk mengetahui jumlah cicilan, aku perlu tahu simulasi, dari berbagai leasing/bank. Cari yang paling hemat, sesuai kemampuan.

4)      Datang ke beberapa dealer
Kalau ini tujuannya untuk membandingkan diskon, kalau mobil sejenis Meti bisa diskon maksimal 5-15 juta, kalau mobil yang kursi 6 bisa 10-30 juta. Semua bergantung kemahiran kita negosiasi harga. Alhamdulillah untuk pemula, diskon 10 juga gratis kalender, sarung jok, dan karpet dasar, belum lagi asesoris seharga 700rb kalau diuangkan dipandang cukup piawai bernego. Kebanyakan berhenti di angka 5-7 juta. Tentunya, pilih dealer yag berani memberikan diskon yang banyak.
Makanya kuncinya, tahan nafsu..hihihi..tidak mudah tergoda. Maklum aku hunting pas puasa jadi lebih terlatih tahan hawa nafsu ahahhah mulai ngaco.

5)      DP dicicil
Hampir semua dealer tidak mengizinkan dicicil itu teori, praktinya aku bisa nyicil…hihihi…point utama di negosiasi..tak tanggung-tanggun bos dealernya yang dilobi…marketingnya mental euy..
Jangan tergoda dengan DP ringan, karena ujung-ujungnya cicilan bisa tinggi. Jadi menurut saya, siapkan dana minimal 20 persen agar cicilan tidak memberatkan juga.

6)      Tawarlah Harga
Harga yaitu harga, harga yang di bandrol oleh dealer tidaklah harga mati. Kita mesti berani menawar harga.

7)      Tanyakan tentang penawaran khusus

Penawaran spesial dapat berbentuk apapun, seperti paket pembiayaan, garansi, dsb. Tanyakan juga perihal potongan harga spesial, atau hadiah pembelian.
Mungkin dealer mempunyai kian lebih satu skema pembiayaan (kredit). Tentukan satu di
antara yang sesuai sama dengan Anda. Namun, janganlah dahulu tergiur dengan tawaran tawaran, pikirkan dahulu dengan seksama untung ruginya bila anda menentukan mobil itu.

8)      Harga Sisanya Bisa Untuk Investasi
Kendaraan nilai ekonominya selama 5 tahun, setelah 5 tahun cenderung mulai banyak perbaikan/servis. Namun hal ini bergantung pada pengguna. Nah, kalau saya sarankan jika hendak kredit, pilihlan di bawah 5 tahun untuk masa cicilan. Sisanya bisa untuk investasi. Karena, kalau lebih dari 5 tahun, kecenderungan orang memikirkan untuk ubah mobil, tambah ini itu untuk penyegaran.

9)      Network Luas dan Pastikan Produk  Mobil yang Unggul

Kelebihan jadi prioritas utama untuk Anda yang akan beli mobil baru. Bandingkan bermacam kelebihan masing-masing mobil. Upayakan tentukan mobil yang hemat bahan bakar serta suku cadangnya bisa Anda beli di kota Anda, ataupun kota paling dekat. Lokasi jaringan servis juga baiknya gampang dijangkau di mana-mana  termasuk di daerah jadi kalau ketika mudik tidak perlu khawatir.

10)  Service Murah dan Cost Pemeliharaan

Mempunyai mobil kan kita beli untuk 3-5 tahun ke depan  pasti mesti dirawat teratur. Lantaran sifatnya teratur, cost service juga mesti jadi bahan pertimbangan.
Cost pembelian murah
? diluar itu, periksa juga biaya pemeliharaan serta perbaikan dari mobil-mobil prospektif di saat hadir. terhitung biaya bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil ataupun cost pajak tahunan (cost perpanjangan STNK). Perhitungan tinggi-rendahnya cost pajak ditetapkan salah satunya oleh th. keluaran, merk serta kemampuan mesinnya -1600 cc bakal tidak sama perhitungan dengan 2000 cc.

11)  Ramah namun tegas

Seseorang sales juga bakal melayani calon konsumen dengan ramah, serta kita pasti mesti juga berlaku ramah. Namun janganlah lantaran keramahannya kita mesti beli mobil itu. Optimis dahulu bila mobil yang akan kita tentukan betul-betul telah pas dengan pilihan kita.

12)  Di mana mobil kerap diparkir

Bila mobil yang kita beli nanti kerap diparkir di tempat umum, sebaiknya kita beli mobil yang bukan hanya tujuan golongan pencuri mobil.

            13)  Memiliki Purna Jual Yang Bagus

Menentukan mobil yang memiliki purna jual yang bagus yaitu nilai plus sendiri, bila satu waktu kita akan jual mobil itu kita tak lagi alami kerugian yang bermakna. Untuk deskripsi kasar, jenis mobil seperti toyota kijang, honda jazz serta mobil niaga keluaran Jepang yang lain tetap menempati peringkat pertama dalam hal purna jual. Sedangkan untuk jenis sedan, kembali mobil Jepang semakin bagus prospeknya di banding harga purna jual mobil-mobil keluaran Eropa, seperti BMW, Mercedes, Peugeot, Volkswagen serta sebagainya


14)  Test drive

Sebelum saat beli kerjakan test drive, Beberapa hal yang dapat di ketahui dari test drive mobil baru.
Mencoba mobil baru di dealer atau yang lazimnya disebut test drive adalah salah satu bentuk layanan yang diberikan oleh dealer mobil sebelum kita memastikan untuk membelinya. Manfaatkanlah fasilitas ini karena kita akan dapat mengetahui dengan seksama spesifikasi dan kapasitas mobil.
Lalu bagaimana memaksimalkan manfaat test-drive yang ditawarkan dealer. Di bawah ini ada langkah-langkah untuk mendapat manfaat maksimal. Dan yang pasti test drive bukan jalan-jalan keliling dealer selama lima belas menit.
  • Tanam dalam benak sejumlah keterbatasan seperti ukuran garasi atau tempat parkir dan gambarkan tipe kendaraan yang cocok. Jangan sekedar karena murah, atau sedang nge-tren. Yang pasti, jangan ambil jika tidak memenuhi semua kebutuhan anda.
  • Manfaatkan akses internet, bisa mengklik situs merek mobil untuk membandingkan fitur-fitur yang dimiliki, ukuran, fuel economy, dan harga. Sempitkan jumlah kandidat untuk mempermudah proses selanjutnya. Juga mengurangi resiko expensive mistake, bila sesuatu yang menarik, memikat kita di showroom.
  • Pertimbangkan juga apakah beli ‘ready stock’ atau ‘indent’. Membeli mobil ‘ready stock’ nilai plus-nya, bargaining position konsumen lebih kuat karena dealer harus menjual unitnya cepat-cepat. Pembeli juga bisa langsung bawa pulang mobil. Minusnya mungkin mobil yang ada tidak memenuhi semua ekspetasi awal. Memesan mobil, menjamin anda mendapat mobil persis seperti yang diinginkan. Semua pilihan dan permintaan akan dipenuhi. Tapi tunggu dulu beberapa bulan. Nah, kebetulan kalau aku beli ready stok.
  • Juga perlu dipertimbangkan, kapasitas mesin, pilihan transmisi, kapasitas kargo dan konsumsi bahan bakar. Data fuel economy yang dirilis produsen biasanya didapat dari pengujian dengan kondisi ideal. Jadi, biasanya angka yang dipromosikan itu tidak realistis. Angka itu juga dipengaruhi cara mobil itu nanti akan digunakan. Apakah selalu beban penuh – penumpang dan kargo, dan mesin besar memang memberikan tenaga yang cocok untuk keperluan itu, tapi jangan menuntut efisensi bahan bakar seperti mobil kompak.
  • Pikirkan juga jenis transmisi. Manual mungkin lebih asyik, tapi begitu terjebak macet, matik lebih nyaman. Bila termasuk komuter  yang setiap hari rutin merayap 2 jam di jalanan, pilihan matik lebih masuk akal, meskipun harganya lebih mahal.
  • Pasang seatbelt dan rasakan sudah pas dan nyaman. Periksa spion dan kemudahan mengatur posisinya. Dan lihatlah sekeliling untuk memeriksa keleluasaan pandangan. Hal-hal sederhana tetapi potensial mengganggu seperti sandaran kursi belakang terlalu tinggi yang menyulitkan saat mundur. Juga periksa apakah kita bisa menekan pedal hingga kelantai dengan tetap mempertahankan jarak aman dari roda kemudi  (25 cm). jika tidak, pertimbangkan power seat.
  • Tiba saatnya menghidupkan mesin. Kita membutuhkan konsenstrasi dan seluruh penilaian, bukan sekedar putar-putar di sekitar showroom. Arahkan mobil ke jalan tol untuk menguji  seberapa besar power mobil untuk menyalip. Sistem transmisi  terus bekerja efisien, kemudi halus dan akurat. Coba juga parkir dalam beragam posisi. Periksa juga blind spot dan radius putar maksimum.
  • Untuk memudahkan proses pemeriksaan, buat daftar cek item. Test drive mendalam seperti ini butuh beberapa jam. Mungkin sales person akan bermuka masam, abaikan saja karena kita membelanjakan uang yang tidak sedikit dan mobil ini bakal menemani bertahun-tahun. Jadi santai tapi serius. Kalau sales person mendesak untuk lebih cepat, jelaskan posisi kita dan bila tidak berhasil hubungi manajer. Kalau tidak berhasil, pindah ke dealer lain.
  • Dealer biasanya memberikan waktu sekitar 30 menit untuk test driver dan wajar bila mereka khawatir jika kita tidak kembali dalam beberapa jam. Periksa mobil dengan seksama tapi jangan disalahgunakan. Larang anak untuk menginjak-nginjak kursi, jangan bawa minuman bila ada resiko tumpah. Jangan memanfaatkan dealer dengan mencoba mobil balap yang tidak mungkin terbeli.
  • Yang harus kita perhatikan saat test drive adalah akselarasi, suara mesin akselerasi saat menyalip, power di tanjakan, pengereman, kemudi , menikung, suspense, kenyamanan kursi dan ergonomis, derik dan derak, ruang kargo, visibility, entertainment system.

Semoga bermanfaat dan berkah


Bojongsari, Awal Ramadhan 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio