Sepeda Untuk Claritza


Sepeda Tetangga Depan

Sepeda merupakan alat transportasi yang sangat menyehatkan untuk tubuh manusia.  
Sepeda juga sebagai teman bermain anak-anak. Begitu juga anakku, Claritza, usianya 16 bulan, dari awal dia hadir memang kami belum membelikan mainan yang mahal atau sejenis roda-rodaan. Stroller yang Ritza, nama panggilan anakku, dibelikan budenya, langsung dipaket dari Surabaya. Sementera stroller yang di Bekasi, dibelikan bude Bekasi dan sekarang disimpan di Bekasi.
Sepeda mempunyai banyak manfaat untuk mengembangkan keterampilan motorik, berolahraga, dan membuat anak menjadi bahagia. Maka tak heran banyak orang tua di perumahan kami yang membelikan sepeda untuk buah hatinya. Awalnya, kami belum berencana membeli, bahkan sampai tulisan ini ditulis, kami belum membelikan sepeda. Alasannya karena kaki Ritza belum sampai ke pedal sepeda.
Sejauh ini tidak ada masalah berarti, Ritza masih nyaman dengan kegiatan pinjam-meminjam sepeda dengan tetangga depan. Sambil melatih mengucapkan konsep “pinjam”, “gantian”, “terima kasih”, kemudian konsep merapikan kembali sepeda. Bak gayung bersambut, tetangga depan juga ramah, senang kalau Ritza main ke rumahnya, tidak ada rebutan mainan, semua damai. Ritza juga mau meminjamkan mainannnya begitu juga sebaliknya.
Mobil Yellow Milik Ritza 

Sampai akhirnya, anak sebelah rumah, membeli mainan dan sepeda. Lain lubuk lain ikannya, anak tetangga sebelah maunya merebut dan mainannya tidak boleh dipinjam. Tak jarang anak tetangga depan dan sebelah berebutan mainan. Terlihat Ritza terlihat mendamaikan mereka. Tetapi keduanya laki-laki dan sudah masuk TK, tentu Ritza kalah besar. Dan cerita kemudian anak tetangga sebelah membeli sepeda baru, dan kemudian berebut dengan Ritza. Yah, begitulah anak-anak.

Berikut tips membeli sepeda untuk anak
1.      Ajak anak untuk memilih langsung dan menunjuk sepeda yang diinginkannya. Yang terpenting adalah, ajak buah hati Anda saat membeli sepeda, dan biarkan ia memilih sendiri.
2.       Minta pendapat orang lain seperti saudara atau tetangga, yang telah membeli terlebih dulu, agar kita mengetahui toko sepeda, model sepeda, kualitas serta harga yang pas dengan kriteria kita.
3.       Jangan terpengaruh merk tertentu karena lebih baik sesuai dengan selera anak kita. Baik mengenai modelnya, warna, serta lagunya.
Nah, untuk lebih detail mengenai sepeda

Ukuran sepeda

Dalam membeli sepeda untuk anak sahabat harus memilih berdasarkan ukuran ban sepeda itu sendiri. Pastikan kaki anak sahabat menggapai kedua pedal sehingga dapat menggayuh sepeda dengan senyaman mungkin dan lutut anak sahabat tidak menyentuh stang sepeda pada saat di kayuh karena dapat menggangu anak sahabat ketika mengayuhnya.
Oleh karena itu, memilih sepeda didasarkan pada usia anak agar dapa tmemberikan kenyamanan serta memperhatikan faktor keamanan.

Berikut tips memilih sepeda sesuai usia anak.

1.      Sepeda roda tiga untuk anak usia 1-2 tahun.

Jika anda berencana untuk membeli sepeda untuk anak usia 1-2 tahun pilihan pada usia ini adalah menggunakan sepeda roda tiga, sebuah sepeda yang terdiri dari 1 roda pada bagian depan dan 2 roda pada bagian belakang.

2.     Sepeda ukuran 12 inci untuk anak usia 2-4 tahun

Jika usia anak antara 2-4 tahun maka pilihan sepeda yang sesuai untuk anak adalah sepeda 12 (sepeda ukuran 12").
Sepeda ini merupakan sepeda ukuran terkecil yang menggunakan penggerak pedal pada bagian tengah, pada sepeda ukuran 12 ini biasanya terdapat 2 roda bantu pada bagian belakang di samping kanan dan samping kiri.


3.     Sepeda ukuran 16 inci untuk anak usia 4-7 tahun

Menginjak usia 4 tahun ukuran sepeda 12 biasanya sudah tidak bisa lagi digunakan oleh anak-anak karena lututnya akan terbentur dengan setang sepeda pada saat memutar pedal sepeda, jadi jika usia anak anda antara 4-7 tahun maka ukuran sepeda yang cocok adalah sepeda 16 (sepeda ukuran 16")

4.     Sepeda ukuran 18 inci untuk anak usia 7-10 tahun


Pada beberapa anak usia 7 -10 tahun ukuran sepeda 16" masih bisa digunakan, akan tetapi jika dalam bersepeda gerak badan merasa terbatas maka sepeda 18 (sepeda ukuran 18") bisa menjadi alternative pilihan buat anak anda.

5.     Sepeda ukuran 20 inci untuk anak usia 8-13 tahun


Pada saat anak berusia 8 tahun sepeda ukuran 20" menjadi pilihan yang paling tepat buat anak anda, sepeda ukuran 20" ini merupakan salah satu ukuran sepeda yang paling banyak penjualannya di pasaran.
Demikian tips memilih sepeda buat anak, ukuran ini tidak harus mutlak, tetapi disesuaikan dengan postur tubuh anak, sedangkan untuk sepeda Federal atau sepeda gunung biasanya digunakan untuk anak remaja dan orang dewasa.
Faktor lain yang harus diperhatikan meliputi:

Stang
Stang pada sepeda anak stang yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat si anak sehingga anak sahabat dapat meraih dengan mudah stang sepedanya .

Bahan velg

Bahan velg yang terbaik adalah bahan yang terbuah dari logam campuran atau terbuat dari aluminium karena bahan tersebut dapat lebih di cengkram oleh rem ketika melewati jalan yang basah.

 Rem sepeda
Rem sepeda sangatlah penting untuk sepeda itu ujilah atau teslah rem sepeda anak sahabat dengan cara putar ban lalu tekan remnya, pastikan rem sepeda anak sahabat bekerja dengan baik, jika rem sepeda tidak mengeluarkan suara maka rem sepeda sudah bagus dan siap di gunakan.

Rangka sepeda
Rangka atau yang dikenal frame sepeda ini juga sangat penting karena rangka sepeda ini akan menjadi penentu kuat atau tidaknya sepeda itu sendiri . Jadi, pilihlah sepeda dengan rangka yang kuat. Pilihlah rangka yang lurus dari depan ke belakang . Lihatlah dari arah ban depan ke belakang . Jika ban depan dan belakang kelihatan lurus maka sepeda tersebut bagus.

 Pelindung rantai
Pelindung rantai gunanya melindungi rantai tidak terlalu berguna tapi untuk anak-anak pelindung rantai memiliki banyak manfaat, seperti melindungi celana atau kaki anak sahabat dari rantai dan tidak mengotori celana anak sahabat.
4.      Lakukan survei terlebih dahulu. Bandingkan pula lagunya. Karena lagu adalah ikon penting untuk sepeda bagi anak-anak usia di bawah satu tahun. Pilih dengan teliti sebelum menentukan. Jika anak Anda penakut terhadap suara keras melengking, wajib bagi Anda untuk membandingkan nada dan jumlah lagunya.
Hati kita akan tenang jika apa yang kita berikan pada anak menjadi hal yang bermanfaat dan mendatangkan kegembiraan serta keceriaan di wajahnya.

Semoga Ritza bisa mendapatkan sepeda yang dia sukai dan tulisan ini membawa manfaat.


Bojongsari, 20 Agustus 2015

Dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio