Bisnis Pertama di Bojongsari

Ini sebenarnya bukan bisnis pertamaku, ini bisnis keduaku di Jakarta (masuk Jabotabek). Bisnis pertamaku mengenai toko online dengan nama Nyentrikshop. Alhamdulillah usianya kini sudah 3 tahun (sejak 21 November 2012), Nyentrikshop dioperasikan dengan online dan offline jika teman-teman terdekat membeli.
Perkenalan awal mula dengan bisnis ini ketika aku mulai menyukai aktivitas di dapur, memasak, dll. Teman mengajak untuk memulai jual makanan kerupuk kedelai dan sambil bisa bersedekah. Mengapa bersedekah? Karena mayoritas pekerja pembuatan kerupuk kedelai adalah para lansia dan mayoritas janda. Dengan bekerja, mereka masih tetap bisa berkarier, bersosialisasi, dan disisipi tausiah setiap Jumat.
Dari niat baik itulah, aku mulai tergoda untuk membantu memasarkan. Karena kerupuk kedelai gampang remuk, aku putuskan untuk menjual dengan cara konvensional (offline). Pertama kali (19 November 2015), aku mulai menitipkan dari satu warung dengan 33 bungkus. Alhamdulillah lama kelamaan satu demi satu dan sekarang sudah 7 warung dan hasilnya tidak mengecewakan.

Rasa Babekue

Rasa Balado
 

Rasa Original

Kover Kemasan Toples

Aku juga membuat varian rasa dari rasa original, balado, baberque, jagung manis, dan rasa-rasa lain yang tiap bulan aku eksperimen kan. Semoga dengan varian rasa yang banyak, makin banyak peminatnya. Aku membuat merek LEGENDARIS yang artinya menjadi terkenal, dengan harapan kerupuk ini dikenal oleh banyak orang karena rasanya yang enak, gurih, dan lezat. Merek ini didesain oleh temanku di kantor. Beberapa kali juga tetangga memesan kerupuk untuk camilan di rumah, atau pelengkap acara-acara hajatan.
Bisnis ini bukan tanpa kendala, lebih pada waktu yang kurang. Dalam proses produksi, pengemasan, dan pengantaran semua aku lakukan sendiri tiap hari Sabtu. Terkadang terkendala cuaca dan bentrok dengan acaraku sendiri.
Di bulan Januari, hampir tiap hari hujan, sehingga berpengaruh kepada besar kecilnya kerupuk. Itu sudah masuk risiko dari bisnis ini. Insya Allah ke depan, hambatan-hambatan itu bisa diatasi.
Enaknya kalau jualan seperti ini, aku tidak langsung berhubungan dengan pembeli sehingga waktu yang tersita untuk melayani pembeli atau menunggu barang dagangan. Semua masukan berasal dari warung yang kita titipi, kecuali kalau ada pembeli yang langsung membeli/memesan kerupuk.
Harga yang aku tawarkan juga murah, karena produksi di Kebumen yang biaya produksinya tidak setinggi di sini. Jika ingin pesan kerupuk bisa hub aku di blog ini, fb nyentrikshop syamsul, IG brillianwahyu dan pesan jauh-jauh hari.
Semoga kita membuat customer nyaman berbelanja dengan media yang mereka bisa jangkau. Kami minta doa agar, dagangan kami, laris manis tanjung kimpul, dagangan laris, duit kumpul. Kami bisa berdagang dengan amanah dan istiqomah sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW. Berdagang yang jujur dan sama-sama senang. Bukankah menyenangkan orang lain itu juga ibadah.
Bismillah… 


Bojongsari, 19 November 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio