Garang Asem Tanpa Minyak dan Santan

Garang Asem Belum Dibungkus Daun Pisang

Aku memang disarankan oleh dokter gizi saya untuk mengurangi goreng-gorengan. Jadilah saya memilih menu rebus dan kukus. Salah satu makanan yang menggunakan rebus dan kukus tanpa minyak adalah garang asem. Saya pertama mengenal garang asem ketika makan di rumah makan daerah Jawa Tengah. Kemudian, saya baru belajar masak ketika sudah menikah, dan resepnya dari teman saya yang berasal dari Solo.
Bahan yang biasa dibuat garang asem adalah ayam dan ikan. Aku lebih menyukai ayam untuk dibuat garang asem. Untuk rasa asamnya saya lebih menyukai dengan belimbing wulung/ belimbing sayur, jika ternyata tidak menemukan bisa diganti dengan tomat hijau tetapi rasanya tidak seenak dengan belimbing wulung.
Resep garang adem ini untuk 1 ekor ayam kira2 750gr-1 kg. Satu ekor ayam dipotong 12.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
·         Cabai hijau 5 batang
·         Daun bawang 2 lembar
·         Cabe rawit sesuai selera
·         Buah belimbing sayur/belimbing wulung 200gram (5 buah)
·         Daun kemangi secukupnya
·         Daun salam 3 pcs
·         Lengkuas, kencur, jahe, kemiri, kunyit, ketumbar secukupnya (klo pepes ga pake kencur)
·         Bawang merah 10 siung
·         Bawang putih 5 siung
·         Daun pisang
·         Daun sereh secukupnya

Cara Membuat
1.      Semua bumbu (bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, kemiri, ketumbar, kunyit dihaluskan menjadi satu.
2.      Ayam dipotong dimasukkan wajan.
3.      Masukkan bumbu halus, ratakan.
4.      Masukkan garam, remas bumbu masuk ked aging.
Jangan gunakan tenaga terlalu besar sehingga tidak merusak daging.
5.      Hidupkan kompor dengan api sedang.
6.      Masukkan belimbing sayur yang sudah dipotong, daun bawang, cabe rawit, cabe hijau, sereh, lengkuas yang dikeprek.
7.      Aduk perlahan secara merata sampai daging empuk.
8.      Siapkan daun pisang, potong ukuran sedang.
9.      Kasih daun kemangi di alas daun, taburi dengan ayam plus sedikit kuah yang sudah dimasak.
10.  Bungkus rapi dan gunakan tusuk gigi/lidi
11.  Kukus dengan api sedang 35 menit.

Nah, demikian tadi resep membuat garang asem, jika Anda tertarik, tidak salahnya mencoba. Nantikan resep rebus dan kukus lainnya.


Happy steaming

Bojongsari Depok, April 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio