Arsik yang Makin Asik

Penyemangat saya

Aku memang disarankan oleh dokter gizi saya untuk mengurangi goreng-gorengan. Jadilah saya memilih menu rebus dan kukus. Salah satu makanan yang menggunakan rebus dan kukus tanpa minyak adalah arsik. Saya pertama mengenal arsik ketika makan di rumah Saudara di Binjai, Medan tepatnya di keluarga Sinaga. Yup, arsik ini adalah makanah khas dari Sumatera Utara atau lebih dikenal di kalangan suku Batak. Kemudian, saya baru belajar masak ketika pulang dari sana dan kebetulan asisten rumah tangga teman saya juga suka membuat arsik.
Asam Gelugur, Andaliman, Honje

Bahan yang biasa dibuat arsik adalah ikan. Aku lebih menyukai  ikan nila untuk dibuat arsik. Kemudian, yang buat khas dari masakan ini adalah andaliman. Andaliman ini bentuknya seperti merica/lada khas dari Batak, sedikit saja sudah pesan. Akan berbeda rasanya jika tanpa andaliman. Ada lagi yang khas adalah asam gelugur. Rasa sedikit saja sudah asam. Selain itu, bau khas honje atau disebut kecombrang jika di Jawa.


Bahan-bahan yang dibutuhkan
·         2 ekor ikan nila sedang (1 kg)
·         ½ sendok teh garam
·         1 ½  sendok teh air jeruk nipis
·         8 batang serai memarkan
·         1 buah honje/kecombrang
·         2 buah asam gelugur
·         300 ml air

Bumbu halus
·         10 buah cabe merah (sesuai selera)
·         ½ sendok teh andaliman (kalau orang batak kurang pedas segini)
·         3 butir kemiri
·         1 cm jahe
·         1 cm kunyit
·         6 butir bawang merah
·         1 cm lengkuas
·         3 siung bawang putih
·         1 sendok teh garam
·         1 ¼ sendok teh gula pasir

Cara memasak
1.      Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk. Diamkan 15 menit.
2.      Isi perut dengan sebagian bumbu halus dan sebagian di luar.
3.      Susun sisa serai di dasar penggorengan dan sisanya bunga honje.
4.      Letakkan ikan di atasnya.
5.      Masukkan asam gelugur.
6.      Masukkan air secara bertahap dan masak di atas api kecil sampai ikan matang dan kuah kental.

Nah, demikian tadi resep membuat arsik, jika Anda tertarik, tidak salahnya mencoba.
Happy steaming


Bojongsari Depok, April 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio