Pepes Ikan Mas, Masakan Tak Pernah Lekang


Aku memang disarankan oleh dokter gizi saya untuk mengurangi goreng-gorengan. Jadilah saya memilih menu rebus dan kukus. Salah satu makanan yang menggunakan rebus dan kukus tanpa minyak adalah pepes ikan mas.
Semua orang hampir menyukai pepes ikan. Seperti cerita aku sebelumnya, jika ada ikan mas maka pilihan aku dibuat nani ura atau pepes. Sama dengan nani ura, pepes juga tidak ada bumbu yang khas, semua ada di dapur.
Makin banyak ya, variasi makanan rebus dan kukus dan tak perlu jauh-jauh, semua masakan nusatara, ada di bumi Indonesia tercinta. Dan yang terpenting selaras dengan diet aku (tanpa minyak).hehehe
Bahan-bahan yang dibutuhkan
·         2 ekor ikan mas sedang (1 kg)
·         Daun pisang secukupnya
·         1 ikan kemangi
·         2 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu halus
·         7 butir bawang merah
·         5 butir cabe merah
·         3 siung bawang putih
·         2 lembar daun salam
·         1 batang serai
·         2 ruas kunyit
·         5 butir kemiri
·         Gula pasir secukupnya (sebagai penyedap)

Cara memasak
1.      Cuci ikan mas yang telah dibersihkan. Rendam dengan 3 sendok makan air jeruk nipis dan garam selama 10 menit.
2.      Haluskan semua bumbu kecuali serai dan daun salam
3.      Campur bumbu bersama ikan mas dan daun kemangi. Aduk sampai rata.
4.      Bungkus dengan daun pisang.
5.      Kukus hingga matang.

Nah, demikian tadi resep membuat pepes ikan mas, jika Anda tertarik, tidak salahnya mencoba.

Happy steaming


Bojongsari Depok, April 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio