Nani Ura, Shashimi-nya Orang Medan

Aku memang disarankan oleh dokter gizi saya untuk mengurangi goreng-gorengan. Jadilah saya memilih menu rebus dan kukus. Salah satu makanan yang menggunakan rebus dan kukus tanpa minyak adalah nani ura. Saya pertama mengenal nani ura setelah saya mengenal arsik. Kesamaannya karena keduanya masakan orang Batak. Hal yang paling sukai karena tanpa minyak. Bahkan jika Anda pecinta makanan mentah, nani ura bisa dimakan mentah-mentah.
Bahan yang biasa dibuat nani ura adalah ikan. Aku lebih menyukai  ikan mas untuk dibuat nani ura. Jika kebetulan stok ikan nila habis dan yang tersisa ikan mas, maka aku membuat nani ura atau bisa juga pepes. Nani ura ini lebih simple dibanding pepes dan arsik. Tidak ada bumbu khas atau khusus.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
·         2 ekor ikan mas sedang (1 kg)
·         1 sendok air jeruk nipis
·         1 sendok makan garam

Bumbu halus
·         6 buah bawang merah
·         3 buah cabe merah
·         4 buah cabe rawit
·         4 butir kemiri
·         ½ sendok teh ketumbar
·         2 cm kencur
·         1 cm kunyit
·         2 cm lengkuas
·         1 batang serai
·         1 sendok teh garam (selera)
Cara memasak
1.      Bersihkan ikan mas, lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit.
2.      Lumurkan semua bumbu yang telah dihaluskan sampai rata.
3.      Kukus kurang lebih 20 menit sampai matang.

Nah, demikian tadi resep membuat nani ura, jika Anda tertarik, tidak salahnya mencoba. Masakan rebus dan kukus bisa bermacam-macam kan? Ternyata masakan nusantara banyak juga yang selaras dengan diet aku ya (tanpa minyak).hehehe

Happy steaming


Bojongsari Depok, April 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio