Laporan MPASI 7 bulan





Berikut realisasi menu harian sesuai yang dijadwalkan. Hehehe...
Laporan Realisasi Menu Harian MPASI Claritza...
1) 80 % jadwal menu MPASI harian sudah direalisasikan sedangkan 20% tidak terlaksana karena bahan yang tidak ada/si mama tidak menemukan bahan makanan.
2) 90% makanan dalam menu MPASI harian, Ritza suka, makan dengan ceria.
3) Pada usia 7 bulan tidak ada masalah dengan pub, semua lancar.
4) Usia 7  bulan ini, Ritza makan 2x yaitu sarapan dan makan siang dan buah 1x porsi 60-70 ml (7 sendok)
5) Semua jenis makanan dibuat sendiri. Seperti instruksi papa, tidak menggunakan pabrikan (milna, cerelac, regal, dll)
6) Jenis makanan yang sudah Claritza 

No
Jenis
Reaksi
Cara Membuat
Cara memasak

KARBOHIDRAT


1.
Bubur Tepung Beras Merah (BTBM)
Biasa
Beras merah direndam sekitar 6 jam, ditiriskan, diblender menggunakan drymill kemudian dijemur, diayak,masukan toples untuk persediaan.

Seduh TBM dengan air matang, aduk, siapkan panci kecil yang diberi sedikit air, biarkan sampai mendidih, masukkan TBM yang sudah diseduh, aduk terus sampai menjadi asat,dan bubur siap di sajikan
2.
Bubur Tepung Beras Putih (BTBP)
Suka
Beras putih direndam sekitar 3 jam, ditiriskan, diblender menggunakan drymill kemudian dijemur, diayak,masukan toples untuk persediaan.

Seduh TBP dengan air matang, aduk, siapkan panci kecil yang diberi sedikit air, biarkan sampai mendidih, masukkan TBP yang sudah diseduh, aduk terus sampai menjadi asat,dan bubur siap di sajikan
3.
Kabocha (K)
Suka
Belah kabocha, buang biji, cuci,kulit tidak usah dibuang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus kabocha sampai berwarna orange.
Kabocha yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
4.
Kentang
Biasa
Kupas kentang, rendam dengan air putih agar tak berubah warna, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus kentang  sampai lunak.
Kentang yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan. Jangan pernah memblender kentang karena bisa membuat sembelit.
5.
Oatmeal
Biasa
-
Siapkan panci kecil yang diberi  air, biarkan sampai mendidih, masukkan oatmeal, aduk terus sampai menjadi asat,dan bubur siap di sajikan
6.
Jagung Manis
Suka
Cuci jagung manis, pisahkan biji jagung dari jonggolnya, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus jagung  sampai lunak.
Jagung manis yang sudah dikukus, ditumbuk/diblender kemudian disaring dan siap disajikan.
7.
Bubur Kacang Hijau
Biasa
Kacang hijau dicuci, ditiriskan, diblender menggunakan drymill kemudian dijemur, diayak,masukan toples untuk persediaan.

Siapkan panci kecil yang diberi  air, biarkan sampai mendidih, masukkan tepung kacang hijau, aduk terus sampai menjadi asat,dan bubur siap di sajikan
8.
Bubur Kacang Merah (bean)
Biasa
Cuci kacang merah, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus kacang merah sampai lunak
Kacang merah yang sudah dikukus, ditumbuk/diblender kemudian disaring dan siap disajikan.
9.
Ubi Cilembu
Biasa
Cuci ubi Cilembu , potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus ubi cilembu sampai lunak
Ubi Cilembu yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.

Sayuran


1.
Labu Siam
Suka
Belah labu siem, buang biji, hilangkan getah, kupas kulitnya, cuci, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus labu siem sampai lunak, dan jangan ditinggal karena dikhawatirkan overcook.
Labu siem  yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
2.
Terong Ungu
Biasa
Belah terong ungu,kulit tidak usah dibuang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus terung ungu sampai lunak, dan jangan ditinggal karena dikhawatirkan overcook.
Terung  yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
3.
Kacang Panjang
Suka
Cuci kacang panjang , potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus kacang panjang sampai lunak dan jangan ditinggal karena dikhawatirkan overcook.
Kacang panjang  yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
4.
Kembang kol
Biasa
Cuci kembang kol, periksa agar tidak ada ulat (rendam 3 menit dengan air garam untuk menghilangkan ulat kecil jika ada) , potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus kembang kol sampai lunak dan jangan ditinggal karena dikhawatirkan overcook.
Kembang kol  yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
5.
Baby Buncis
Suka
Cuci baby buncis, potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus baby buncis sampai lunak dan jangan ditinggal karena dikhawatirkan overcook.
Baby buncis yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
6.
Brokoli
Biasa
Cuci brokoli, potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus brokoli sampai lunak dan jangan ditinggal karena dikhawatirkan overcook.
Brokoli yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.

Buah


1.
Apel
Suka
-
Cuci apel, kupas apel, buang bijinya, iris menjadi lebih kecil agar mudah diblender, kemudian disaring dan siap disajikan.
2.
Pir
Suka
-
Cuci pir, kupas pir, buang bijinya, iris menjadi lebih kecil agar mudah diblender, kemudian disaring dan siap disajikan.
3.
Pepaya
Biasa
-
Cuci pepaya, kupas pepaya, iris menjadi lebih kecil agar mudah ditumbuk, tumbuk pepaya, kemudian disaring dan siap disajikan.
4.
Pisang
Biasa
-
Kupas pisang, sendok sedikit-sedikit, sambil disuapkan.
5.
Tomat
Biasa
-
Cuci tomat, kupas tomat, buang bijinya, iris menjadi lebih kecil agar mudah diblender, kemudian disaring dan siap disajikan.
6.
Alpukat
Suka
-
Kupas alpukat, kemudian disaring dan siap disajikan.

Lauk


1.
Ati Ayam
Suka
Cuci ati ayam, siapkan panci berisi air biarkan sampai mendidih, masukkan ati ayam, masak hingga lunak, angkat, tiriskan.
Ati ayam yang sudah direbus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
2.
Kaldu ayam
Suka
Cuci ayam, siapkan panci berisi air biarkan sampai mendidih, masukkan ayam, masak hingga minyak keluar, angkat ayam, tiriskan.
Air rebusan ayam siap menjadi kaldu yang kental dan bisa ditambahkan dengan makanan lain agar lebih gurih.
3.
Tahu
Suka
Cuci tahu, potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus tahu sampai lunak.
Tahu yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.
4.
Tempe
Suka
Potong menjadi potongan sedang agar lekas matang, siapkan dandang yang berisi air, biarkan sampai mendidih, kukus tahu sampai lunak.
Tempe yang sudah dikukus, ditumbuk kemudian disaring dan siap disajikan.

Demikian laporan mama, semoga laporan ini bermanfaat di masa depan untuk kita dan tetap jadi mama yang baik, istiqomah untuk tetap asi hingga proses penyapihan serta mampu memberikan masakan rumah yang halal, sehat, dan bergizi. Harapan terbesar, semoga Claritza tumbuh sehat sesuai usianya, ceria, sholehah, cerdas sesuai arti namanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio