Mati Listrik, Gimana Nasib Asipku?





Sms berbunyi, tanda pesan masuk.

Jeng hari ini aku benar2 mau plg kerja spt biasa aku naruh asi di freser dan spt biasa nggeser2 posisi asi yang lbh dulu dtaruh dpn. Krn bnyk bunga es akhire aku pke pisau bwt nyongkel. Ga tahunya bocor mpe bawah freser. Ya udah akhire mau gamau beli yang baru deh. Soale msh ada 45 an botol asi jeng. Hiks.

Bagi ibu menyusui, cadangan asip begitu berharga. Karena untuk memperoleh jumlah tertentu harus dicicil tiap hari untuk memompa. Asip sangat bergantung pada konsumsi listrik untuk kulkas/frezer. Tak ayal jika ada insiden listrik mati, membuat para ibu menyusui panik, karena bayangan akan kehilangan asip di depan mata. Maka yang harus dilakukan berdasarkan pengalaman adalah:
  1. Tenangkan pikiran, jangan panik.
  2. Kalau kasusnya temanku, dia langsung membeli kulkas 2 pintu yang baru..hehehhe..apalagi sekarang ada kulkas khusus asi Samsung yang ada fitur 9 Hours Cool Pack dan tapi kalau dirasa belum perlu, silakan baca tips yang ketiga.
  3. Seminimal mungkin untuk membuka pintu frezer.
  4. Belilah ice gell atau blue ice dalam jumlah memadai. Letakkan mengelilingi botol, atau atur sedemikian hingga seluruh botol/kantong asip kebagian dingin. Kalau yang ini juga ga punya. Silakan baca tips selanjutnya.
  5. Membuat es batu di plastic yang banyak sehingga bisa mendinginkan botol/kantong asip. Tetapi kalau kulkas Anda 1 pintu dan tidak muat jika untuk menaruh es batu, maka belilah es batu yang banyak, taruh termos es atau cooler box dan jaga agar asi tetap beku. Jika di frezer satu pintu ada bunga es, itu juga membuat suhu tidak turun drastis.
  6. Kalau tips sebelumnya juga tidak juga ditemukan, silakan telepon teman-teman di sekitar rumah barangkali ada yang tidak mati listrik dan bisa dititipi asip.
  7. Jika ada koran, bisa koran dibalut dengan botol/kantung asip, tapi harus ekstra cepat agar kulkas tidak terlalu lama dibuka.
  8. Jika kulkas masih longgar, bisa membuat ice gell dari gel diapers (popok sekali pakai). Gel nya diambil terus didinginkan.
Cara buatnya :
1. Siram pada bagian tengah diapers dengan air sampai gembung.
2. Sobek dan ambil gel nya.
3. Masukan kedalam kantong plastik atau bisa juga plastik clip. Pipihkan (jangan gembung ya bun..) agar memudahkan penggunaannya.
4. Masukan ke frezeer. Bekukan..
Setelah beku ice gel bisa digunakan . Jika setelah penggunaan ice gel kembali mencair masukan kembali kedalam freezer. Bekukan.
Ice gel dapat digunakan berkali-kali selama plastiknya tidak robek/bocor
Ice Gel bisa digunakan ketika kondisi darurat.
  1. Jika ternyata ada sebagian ASIP yang mencair duluan, jangan langsung dibuang, karena ASIP tersebut dari sejak mencair 100%, msh layak dikonsumsi dalam 24 jam sejak mencair. Prioritaskan untuk meminumkan ASIP yang mencair itu terlebih dahulu. Selagi tidak menyusui langsung, Mama bisa memerah/memompa ASI-nya.   Alhamdulillah..belum pernah sampe asip rusak gara-gara listrik..semoga tak kan pernah..

Semoga bermanfaat, Salam Nenen

11 Desember 2014, Depok Sering Mati Listrik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio