Pandangan Asi Dalam Kesehatan Wanita





Lain waktu, saya telah menulis Pandangan Asi Dalam Islam..Yup, sama seperti dakwah, mengedukasi orang-orang yang kita cintai, sahabat terkasih untuk memberikan asi pada buah hatinya, merupakan tujuan mulia. Terkadang, ada banyak pendapat dan sebagai orang yang menyampaikan, kita perlu beradaptasi. Makin banyak kita mudah beradaptasi makin banyak kita bisa berhubungan dengan orang. Ketika bertemu dengan komunitas pengajar dengan pendidikan Islami barangkali pendekatan agama lebih cocok, seperti judul saya sebelumnya. Tetapi jika kita berhubungan dengan orang yang ‘kacamata berpikirnya’ selalu kesehatan, mungkin tulisan ini berguna.
Bukankah sebuah hadis mengatakan yang kurang lebih adalah gunakan bahasa kaummu untuk berdakwah. Begitu ditempatkan di suatu lingkungan, saya akan berusaha mengedukasi tanpa menggurui, pamer, atau menghakimi. Contoh menggurui adalah seakan-akan saya guru, saya lebih suka menjadikan mereka patner, tempat sharing…toh saya bukan konselor asi atau aktivis asi, saya tiwi yang ingin berbagi. Untuk menghindari pamer, saya jarang menampilkan koleksi/ jumlah asip saya karena menurut saya, tiap orang diciptakan unik dan tidak bisa disama-samakan, kecuali kalau ada permintaan, biasanya saya cantumkan. Saya juga tidak butuh gelar S1, S2 atau professor asi yang diberikan oleh lembaga berwenang. Penghargaan terbesar dari Allah adalah menjadi IBU tanpa gelar apapun. Melihat anak sehat dan cerita, melihat anak teman-teman sharing saya sehat dan ceria itu sudah cukup. Buat saya itu salah satu investasi akhirat saya. Contoh menghakimi, saya sering sekali bertemu dengan orang yang pro asi tetapi menyalahkan ibu yang belum berhasil memberikan asi. Itu membuat mereka makin merasa bersalah. Kasihan…Padahal bisa jadi itu bukan keinginan mereka. Berdasarkan pengamatan sekilas itu sering kali karena kondisi, kurang dukungan orang terdekat, atau minim pengetahuan. Biasanya kalau nanti udah punya anak kedua, langsung bisa asi. So, jangan khawatir kalau yang pertama belum bisa asi, mungkin nanti anak kedua bisa asi. Tetap optimis ya mama..
Lain lagi pengalaman yang manis, waktu itu niat yang baik pun ditafsirkan berbeda. Kurang lebih begini diskusi kami, kemudian setelah basa-basi. Aku bertanya.
Aku: E..udah lancar asinya?
E: Emang kenapa Tanya begitu? (penafsiranku: koq nada2nya dicurigai nih)
Aku: Ya kalau sudah lancar bagus, tetapi kalau belum aku bersedia buat sharing
E: Ow..kamu konselor asi ya wi, aku bayar berapa?berarti kamu sekarang jadi ibu yang professor asi yah?
Aku sambil menelan ludah : Aku bukan konselor asi, ya gratis lah, apa itu aku malah ga tahu (tepatnya tidak mau tahu)..heheheh.anakku baru 7 bulan koq (saat itu).
E: Oh gitu, sori, kemarin aku soalnya habis diomelin bidan, dikiranya aku ga mau nenenin, padahal kan emang asinya kecil.
Aku: Ya tetap semangat, Insya Allah nanti kalau dinenenin terus lama-lama banyak juga..yang penting kamu bahagia dulu dan setelah itu bahagiakan anakmu..selain itu banyak makan sayur, buah dan minum, bisa susu bisa air putih, tergantung seleramu.
E: iya bener banget wi..makan daun katuk yah..makasih ya wi, maaf tadi dah ketus gitu.
Aku: ga papa koq..kalau ada apa2..jangan sungkan-sungkan sharing yah

Begitulah, mungkin satu atau dua orang atau barangkali banyak orang mengalami hal demikian. Oleh karena itu, aku memang perlu berhati-hati dalam menyampaikan.
Nah, kembali ke judul mengenai Pandangan Asi Dalam Kesehatan Wanita. Berikut manfaat menghisap payudara (nenen) bagi kesehatan wanita.
1.   Nenen yang sering dihisap, keseimbangan sistem kardiovaskular kewanitaannya dapat terjaga ... Apabila lelaki menghisap nenen wanita dalam waktu yang lama, maka degupan jantung wanita dapat meningkat hingga 110 detak/menit. Hal ini boleh menjadi latihan bagus bagi kesehatan jantung.
2.  Hisap Nenen juga dapat membuat berat badan wanita lebih stabil, bahkan berkurang.
      Hal ini disebabkan, Nenen yg dihisap selama 3 menit dapat membakar lemak sekitar 12 kalori. Ini terbukti aku lebih kurus setelah melahirkan daripada sebelum hamil.hehehhe
3.   Ingin wajah lebih kencang? Kalau begitu jangan ragu untuk lebih sering dihisap nenennya.
   Dengan dihisap nenen, maka lebih dari 30 otot wajah wanita bergerak, sehingga berguna untuk meningkatkan aliran darah di kulit wajah, dan menghaluskan kulit.
4.   Selama ini hisap nenen dianggap sebagai hal yang kurang sopan/tabu.
    Tapi pada kenyataanya hisap Nenen dpt membuat wanita lebih awet muda, merupakan obat alami yg merangsang sistem kekebalan tubuh, hasilnya adalah produksi antibodi yg mampu melindungi dari virus. Proses ini disebut cross-imunoterapi.
5.   Pada saat nenen dihisap, biasanya nafas wanita jadi lebih cepat..
      Rata-rata  saat hisap nenen, wanita akan menghirup dan membuang nafas 60 kali dlm satu menit. Padahal dalam keadaan normal hanya 20 kali tiap satu menit. Menghirup dan membuang nafas lebih sering akan mencegah berbagai gangguan diparu.
6.    Nenen yang dihisap lebih dari 5 menit akan membuat tubuh wanita lebih santai, dapat menghasilkan rantai kimiawi yg akan menghancurkan berbagai hormon penyebab stress.
      
Nah, begitu banyak manfaat yang dapat wanita dapatkan. Sudahkah hari ini ada dinenen? Yuk, nenen de..

Semoga bermanfaat, salam nenen

Akhir 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio