Makan Pertama Ritza



“De..MPASI, Ritza mau dikasih makan apa?” pertanyaan papa membuat mama mulai membalik-balik lagi tumpukan buku mpasi..dan akhirnya kami putuskan untuk memberikan bubur tepung beras merah. Hal itu didasarkan pada :
1) Alhamdulillah tidak ada riwayat diabetes pada keluarga mama dan papa.
2) Bubur tepung beras merah bisa diencerkan mirip tekstur asi
3) Bubur tepung beras merah tahan kenyang (yang ini asumsi aku hehehe)
4) Kata WHO, bubur tepung beras merah rendah kemungkinan menyebabkan alergi.
Kalau secara tradisional biasanya dimulai dengan pisang, kalau di negara bule, mereka menggunakan apple yang dikukus atau panggang dengan sedikit taburan kayu manis bubuk lalu dipuree/dihaluskan dan dikenal dengan nama “apple sauce”. Buah dan sayuran juga umum dijadikan makanan pertama. Kemudian ada juga yang menganjurkan alpukat sebagai makanan pertama yang terbaik. Tetapi tiap anak unik dan berbeda-beda ada yang cocok makan alpukat ada juga yang tidak, efeknya mencret.
Ada pihak yang menganjurkan sayuran lebih dulu agar meminimalisasi ketidaksukaan terhadap sayuran. Namun, sebetulnya tidak ada fakta penelitian yang membuktikan secara memuaskan.
Ada juga yang mulai dari tepung beras malah sembelit...tapi untuk pilihan ini, aku punya tips yaitu buat bubur yang encer pada awal mpasi seperti tekstur susu kemudian bertahap menjadi kentaldan cukupi kebutuhan cairan dengan air putih, asi, atau sari buah.
Mulai dari bertahap dalam waktu 1 minggu dengan asumsi untuk pengenalan jenis makanan baru. Minggu pertama aku memeprkenalkan karbohidrat, kemudian sayuran dan buah-buahan dan yang terakhir dicampur-campur.
Jadi, jenis makanan pertama tidak berlaku secara umum. Setiap anak memiliki keadaan berbeda-beda sehingga mau tidak mau trial error. Mungkin ini seninya memasak, ada sentuhan keunikan dan sentuhan cinta.
Aku punya saran, memang tidak ada penelitian, semuanya berdasarkan pengalaman orang-orang disekitarku.
a) Jika dalam keluarga ada riwayat diabetes, pada awal mpasi jangan kenalkan dahulu serelia, karbohidrat bisa diperoleh dari bahan lain seperti kabocha.
b) Jika dalam keluarga ada riwayat maag, pada awal mpasi jangan kenalkan dahulu tomat, jeruk baby, atau makanan-makanan yang bersifat asam.
c) jika dalam keluarga ada riwayat darah tinggi, pada awal mpasi kenalkan labu siem,bit, zukini.
d) Jika dalam keluarga sering sembelit/diare, berilah tempe di bulan ketujuh.
Memang penyakit tidak selalu datang karena keturunan tetapi alakah bijak, kita juga mencegah sebelum menanggulangi.

Semoga bermanfaat, salam nenen...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio