MPASI Sebagai Latihan Pertama Makan dan Peralatan Tempur MPASI



MPASI (makanan pendamping asi) umumnya diberikan usia 6 bulan. Lalu pertanyaan muncul:
Bagaimana memulainya?Seberapa banyak?
-          Mulailah dari kuantitas yang sedikit dan tekstur yang ncer mirip dengan susu.
-          Kapasitas lambung hanya mampu 200 ml sehingga tidak usah terlalu banyak.
-          Permulaan makan sekitar 50 ml (5 sendok) 1-2 kali sehari.
-          Berikan dengan penuh kasih sayang
-          Mulai di jam menyusu (kalau Ritza, lapar pas setelah mandi dan bangun tidur).
-          Carilah waktu dan tempat yang tenang, dan tidak terburu-buru.
-          Batasi waktu makan sekitar 20-30 menit supaya ade tidak bosan
-          Ingat bahwa semua anak memiliki kebiasaan yang unik, tugas kita sebagai mama untuk memperhatikan itu dan melakukan penyesuaian tanpa membuat anak menjadi terganggu.
-          Buatlah buku harian makanan berupa bahan makanan, cara pengolahan, dan beserta catatan reaksi suka/tidak suka.

Peralatan Tempur MPASI
Kalau masalah harga peralatan tempur MPASI, papa lebih tahu, karena dia yang sibuk beli ini dan itu. Berikut peralatan yang kami punyai.
1. Homemade baby food maker set
   Ini perangkat yang efisien tempat karena bisa dibentuk jadi satu, apalagi kalau dibawa travelling..soalnya tidak mungkin bawa saringan segede gaban kemana-mana..
Isinya, sendok, ulekan, mangkuk penggiles, mangkuk kecil, mangkuk agak besar, perasan jeruk, dan parutan sederhana serta saringan tentunya. Hampir tiap masak, alat ini selalu digunakan di usia Ritza yang masih makan yang halus.
Alat ini papa Ritza yang beli direkomendasikan teman kantornya yang suka travelling dan sesuai sama sifat papa Ritza yang tidak mau ribet pergi barang satu-satu.
Kekurangannya harganya lumayan, kalau misal kondisi uang cekak, bisa disiasati dengan beli saringan, perasan jeruk secara terpisah satu demi satu sesuai kebutuhan.
Harga perangkat ini sekitar 230ribu.

Pigeon Home Made Baby Food Maker Set Lebih Praktis




 
Saringan Santan Bisa Nyaring Juga Tapi Ga Praktis Kalo Masuk Koper

2. Baby Food Warmer
Alat ini sebenarnya penting tidak penting. Kebetulan teman kantor mama Ritza mengado barang ini, jadi tidak mengeluarkan uang. Pada awal MPASI alat ini banyak digunakan untuk memanaskan karena praktis tinggal colok, makanan hangat tak perlu menyalakan kompor. Tetapi makin ke sini si mba (asisten rumah tangga) malas menggunakan katanya “panasnya kurang maknyus”. Setelah saya perhatikan, betul panasnya lekas hilang.
Jadi kekurangan alat ini, panasnya lekas hilang. Akhirnya, si mba lebih memilih memanaskan dengan merendam air hangat seperti asip.

3. Baby cubes atau wadah kecil
Baby cubes gunanya untuk menyimpan stok makanan. Saya memilih baby cubes daripada ice cubes tray karena kalau baby cubes bisa dihangatkan sesuai kebutuhan. Kalau ice cubes tray harus dipisahkan dulu dari tray baru dihangatkan, sedikit lebih ribet.
Wadah kecil lain, saya memakai dari produk tupperware.
Harganya baby cubes 104 ribu isi 8 buah dengan volume tiap baby cubes 70 ml dan harga tupperware bervariasi yang tiwi 20 ribu, ada yang 10 ribuan (30 ribu dapat 3 warna warni) dengan volume 80 ml, small around 15 ribu.

Baby Cubes

Tupperware Seringnya Buat Mangkok Makan

Tupperware 10 ribuan

Tiwi harga 20 ribuan

4. Ice Cube Tray
 Ice Cube gunanya untuk menyimpan dan membekukan kaldu buatan mama.Tempat es ini bagusnya lengkap dengan tutupnya tetapi karena harganya mahal, mama Ritza belum membeli. Mama Ritza masih menggunakan ice cubes tray dengan dibalut plastik cling untuk menghindari pencemaran bau-bau freezer. Ice cube ini sudah mama punyai sebagai bonus membeli kulkas. Jadi, harga zero.

5. Set  blender
Blender yang saya gunakan drymill yang tanpa air. Kebetulan, teman papa ada yang mengkado ini sewaktu kami nikah dan belum digunakan. Jadi, harga zeero.

Yang Sering Dipake Dry Mill nya

6. Sebuah panci kecil dan sutil
Kenapa disarakan baru, supaya kalau pas masak tidak tercemar. Kalau papa malah berpendapat bahwa bagusnya/standar memasak bahan dari stenlis, bukan alumunium. Hahaha..dan karena dia berpendapat makanya harus tanggung jawab. Papa beli panci stenlis kecil, belinya di ace hardware harganya 250 ribuan kalau tidak salah.
Kalau sutil, ini tidak beli, kakak sepupu membelikan sutil serta peraatan dapur  sebagai kado pernikahan dan belum digunakan.
Panci Kecil Stenlis..Praktis Dibawa Ke Hotel/ Ke Mana2

7.Plastik Cling Wrap
Gunanya untuk menutup makanan atau bahan makanan. Bisa untuk membungkus daging giling, sayur-sayuran dan buah supaya lebih lama segarnya.

8. Kompor dan panci kukus
Ini tidak perlu beli kalau sudah punya. Aku sendiri tidak beli karena sepupu papa ada yang mengkado kompor dan kakak sepupu mama mengkado panci kukus yang belum terpakai. Sebelum nikah, aku sudah punya panci kukus. Jadi, kami punya panci kukus dua.

Panci Begini Aja Kita Gratis Alias Dikado

9. Talenan dan Pisau
Talenan ini idealnya ada dua, dipisah antara daging dan sayur buah. Tetapi kalau kepepet, bisa talenan satu saja tetapi ditandai, muka yang satu untuk daging, tinggal dibalik muka yang lain untuk daging dan sayur. Talenan ini aku beli karena talenan yang kami punya terbuat dari kayu dan papa berpendapat, ada baiknya talenan MPASI tidak dari kayu supaya tidak jamuran. Alhasil, mama membeli talenan lagi.
Pisau juga tidak kubeli karena ada teman kantor yang mengkado seperangkat pisau dengan peruntukan yang berbeda-beda dan belum pernah digunakan.

Pisau Gratisan dari Bu Nining

10. Mangkuk makan, sendok, dan tempat minum
Mangkuk,sendok, dan tempat minum ini juga tidak mama beli karena ada teman yang mengkado benda ini. Tetapi belakangan, mama membeli sendok yang lebih nyaman.
Harga sendok 25 ribu dapat 2 buah.

Tempat Makan dari Kado, Sendoknya Beli 25 Ribu Dapat 2

11. Slow cooker
Buat para mama yang pemalas bangun pagi...peralatan ini sangat membantu, praktis benget untuk maak karena bisa ditinggal-tinggal saat masak. Mama juga tidak harus pantengin di depan kompor dengan resiko terciprat pas ngaduk bubur. Masaknya pun secara perlahan sehingga gizinya tidak mudah hilang dan rasanya lebih maknyus.. Waktu masak minimal 4 jam.
Yang beli slow cooker papa atas rekomendasi teman kantor. Merknya Takahi
Harga slow cooker adalah sekitar 300ribu (0,7) kalau 475ribu (1,2). Dan papa beli yang 300ribu.

0,7 Ml

12. Ice gel/ Hot dan tas bekal
Kebetulan ice gel yang sudah aku punyai bisa dua fungsi menjaga dingin dan panas. Jika ingin dingin, masukkan freezer sampai membeku. Jika ingin panas, rendam dengan air hangat. Gunanya untuk menjaga agar makanan tetap hangat apalagi ketika travelling. Kalau tas bekal aku beli 86 ribu.

13. Tisue kering dan tisue basah
Ketika menyuapi akan banyak berantakan dan kotor. Jadi tisue berguna untuk membersihkan.

Tidak semua perangkat harus dibeli dan azas manfaat tiap orang beda-beda bergantung kebutuhan. Usahakan manfaatkan dulu peralatan yang ada di rumah. Jadilah kreatif dan memaksimalkan perangkat dapur di rumah.

Semoga bermanfaat dan Salam Nenen

 Antara Bekasi dan Depok, Maret 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IELTS

Tes Bahasa Hingga Akademik

Review Kantong Asi Untuk Si Ade Zio